Jumat, 09 Februari 2024

Piknik Ke Guci Tegal

 


Gambar: BonserNew.com

Hai sahabat penaku!

Btw udah pada taukan ada libur panjang di bulan febuari. Pada ngadain agenda kemana nih? Kalo aku piknik yang dekat-dekat aja sekitaran tegal. Jadi di Tegal itu ada wisata menarik namanya guci, guci itu wisata pemandian air panas, tapi tidak air panas aja disana juga ada beberapa wahana dan tempat untuk camping.  Tempatnya sangat indah dan sejuk karena guci terletak dibawah kaki gunung slamet yaitu di desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.



Berhubung tempat tinggalku Brebes kota, jadi aku memilih berwisata yang dekat dengan lokasi rumahku, nggak usah jauh-jauh yang penting refreshing biar cemerlang lagi otaknya alias fresh. Kalo otaknya fresh-kan jadi semangat untuk kembali kerjanya, iyakan? Healing lah kata anak zaman sekarang mah, biar gak putek ceunah…hihi

                                        Baca juga jalan santai  Punya Kak Asri

Sebenarnya mau ke guci itu udah lama, karena pengen silaturahim ke teman-teman asrama dulu di ketanggungan Brebes. Kebetulan emang banyak banget teman-temanku yang asli daerah guci. Alhasil baru teralisasikan pikniknya tuh sekarang dan enggak ada agenda sama sekali ketemu sama teman-teman, karena berangkatnya terlalu siang dan terlalu leha-leha di jalan, jadi sampe sana sore.

Aku ke guci sama abangku alias patner ribut dirumah, kebetulan aku dan abangku belum nikah. Jadi ya… kemana-mana bareng kaya anak kembar gitu. Berangkat dari rumah bedua, sampe sana rame-rame. Gimana enggak rame-rame ketemu sama teman alumni asrama dulu dan itu banyak sekira 6-7 orang, akhirnya piknik rasa alumnian.

Tiket masuk Guci itu cukup terjangkau sekali sekitar: Rp. 15.000-an, tapi hal ini hanya menikmati area guci saja seperti parkiran dan pusat oleh-oleh, namun harga tiket untuk masuk wahana wisata yang ada di Guci itu dibedakan berdasarkan tujuannya, seperti:

-          Tiket masuk ke pemandian air panas atau Hot Guci Waterboom (Guciku) Rp. 40.000 per-orang.

-          Tiket masuk naik jembatan kaca Rp. 10.000 per-orang.

-          Tiket masuk ke Pancuran 7 & 13 Rp. 4.000 per-orang. Pemandian ini yang sering didatangi pengunjung, dinamakan pancuran 7 & 13 karena pemandian ini masing-masing memiliki 7 dan 13 buah pancuran.

-          Tiket masuk ke The Baron Hill Of Guci Rp. 15.000 per-orang. Disini disediakan juga spot untuk foto dilengkapi latar selfie seperti balon udara, sky swing, spot love, bunga, dan banyak lagi.

Itulah beberapa harga tiket beberapa wahana yang ada di Guci, tapi itu kurang lengkap ya…karena emang banyak sebenarnya wahana di Guci. Kalo aku sama abang datang ke guci itu tujuan awalnya untuk mandi air panas, berhubung kami tidak begitu paham pemandian mana yang rekomended di Guci, maka kami tanya sama teman-teman yang ada disana. Teman teman kami mengarahkan ke pemandian Guciku atau Hot Guci Waterboom.

Tapi sebelum ke Guciku untuk mandi, aku dan abang itu keliling ke jalan parkiran menelusuri orang-orang yang jualan khas Guci. Sambil berfikir mau beli oleh-oleh apa untuk dibawa pulang. Oleh-oleh yang bisa dibawa pulang dari Guci yaitu sayur dan buah segar seperti wortel, selada, kol, tomat, sawi, pisang, alpukat, serta sate manisan cermai yang menjadi khasnya.

Setelah membeli beberapa buah tangan untuk dibawa pulang, kami di tawarin oleh teman kami yaitu “mas Aji” untuk masuk wisata hutan. Di wisata hutan ada beberapa fasilitas seperti: kuda wisata, jeep adventure, river tubing, lapangan olahraga, penginapan, hingga bumi perkemahan. Perjalanan ke wisata hutan mas Aji memakai jeep adventure untuk mengajak keliling kami ke bumi tertinggi di Guci. Pemandangan indah sekali, sejuk dan terasa menyatu dengan alam. Aku kira, kita nanti disana hanya bisa melihat hamparan sawah dan warna-warni rumah, tapi…tidak ku sangka disana ada lahan camping dan wisata bukit Bintang ala Guci Tegal.

Wisata ini cukup unik bangunannya, karena didesain ala-ala cina dan  model bangunan Disneyland menurutku. Intinya unik dan lucu deh… berhubung aku kesana sama yang punya kawasan jadi semua wahana gratis tidak dipungut biaya apapun. Setelah dari wisata bukit Bintang kami diajak untuk melihat-lihat lokasi camping yang mana disana sudah disediakan penyewaan alat-alatnya seperti tenda dan sejenisnya.

Menurutku bagi seorang pecinta alam akan tertarik dengan view alam Guci, karena emang asri banget dan sejuk. Ternyata hari sudah sore, jadi kami memutuskan turun dari bumi tinggi guci yaitu kembali ke perkiran. Setelah itu, si Nelly teman kami mengajak kami untuk mandi air hangat di wisata guciku. Jangan tanya berapa tiketnya ya… yang jelas gratis lagi. Alhamdulillah ketemu sama orang-orang baik. Selain temu kangen dengan teman lama mereka juga menyambut kami sangat hangat seperti dulu waktu kita masih satu atap di asrama.

            Pamandian air hangat ini sangat luas menurutku dan nyaman, karena walaupun mandinya malam hari tapi sangat terang “lampunya banyak”. Jadi, kalian enggak usah takut. Tempat bilasnya juga banyak jadi tidak khawatir untuk ngantri, disana juga ada yang jualan makanan tidak usah khawatir saat lapar langsung saja pesan.

 

Nah itulah cerita pikniku di Guci Tegal, gimana nih kalian kemana?

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Seni Berdamai Dengan Diri Sendiri

  Mencintai, Menghargai, dan Menerima Diri Sendiri Apa Adanya Identitas Buku -           Judul Buku                                   ...