Kamis, 15 Februari 2024

Pasar Tradsional Brebes

 

Apa nih yang ada dalam benak kalian ketika mendengar istilah pasar ? Pasti rame, banyak bahan masakan, banyak jajan dan apa lagi ya...Yang jelas pasar adalah pusat terbaik untuk belanja bagi para ibu-ibu dan calon ibu, disamping lengkap harganya juga terjangkau. Apalagi emak-emak si jago nawar pasti gas ke pasar disaat kebutuhan masak memasak habis.



Di era gempuran belajar online, pasar tidak akan pernah surut dan kalah saing, karena nyatanya tetap Rame dan tetap eksis di kalangan masyarakat. Banyak dari kita ke pasar tidak hanya untuk belanja bahan makanan dan lauk pauk saja, tp ada orang yang berkunjung ke pasar hanya ingin dolan dan mencari jajanan saja.

Di Brebes ada pasar tradisional yang  terletak di kotanya dekat alun-alun dan lumayan jauh dari tempat tinggalku. Aku sering datang kesini untuk temani mamah belanja bulanan seperti sayur,beras, bumbu-bumbu dan buah-buahan. Sebenarnya ada pasar dekat rumah, cuman menurut mamah kurang lengkap dan tidak selengkap di pasar tradisionalnya atau istilahnya pasar induk.

Gambar: Medcom.id

Disamping murah juga lengkap pastinya, ada beberapa jenis sayur yang kita beli seperti kol,wortel,bayam,kangung dan juga brokoli, kita juga membeli berbagai jenis lauk pauk seperti ikan, daging sapi dan ayam. Jadi, mamah membeli banyak itu untuk stok beberapa hari ya bukan untuk jualan. Kebiasaan mamah kalo ke pasar itu harus 1 Minggu sekali, jadi tidak bolak- balik dan tidak berantakan jadwal kerja dan jadwal shopping di pasar.

                                          Baca juga: Rumah Cerita Asri

Menurutku belanja di pasar itu seru dan ada pengetahuan yang kita dapat seperti umumnya harga sayur setiap per-kg nya berapa. Karena setiap penjual akan beda-beda harga jual meski sayur yang dijual itu sama. Dari situ kita akan tau harga umumnya di setiap per-kg sayur tersebut. selain seru ada sensasinya juga yaitu berdesak-desakan, anggap aja itu melatih kesabaran ya...enggak apa apa biar merasakan rasanya berkunjung ke pasar tradisional itu seperti itu.


Gambar: Smpantura-

kalian jangan salah belanja di pasar sama saja melancarkan perekonomian masyrakat kota kita loh! kenapa gitu? karena rata-rata penjual di pasar adalah masyarakat daerahnya, jadi jika kita membeli disana sama saja kita memajukan perekonomian masyarakat daerah kita sendiri.

kalian gimana gaes, suka tidak belanja di pasar?

4 komentar:

  1. Bener, kalau ke pasar tradisional emang lebih murah,

    BalasHapus
  2. Buat food prep seminggu sekali, jadinya lebih hemat apalagi belanja bahannya ke pasar induk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngirit ya kak, jadi bisa buat yang lain uangnya

      Hapus

Seni Berdamai Dengan Diri Sendiri

  Mencintai, Menghargai, dan Menerima Diri Sendiri Apa Adanya Identitas Buku -           Judul Buku                                   ...