Kebanyakan orang
merasa waktu 24 jam itu tidak cukup untuk menyelesaikan semua pekerjaan dalam
sehari, karena terkadang kita tidak bisa mengatur waktu. Hal ini membuat kita
harus mempunyai strategi untuk mengelola waktu dengan baik, agar waktu yang
kita punya tidak tebuang dengan sia-sia.
Mengatur waktu
dengan baik akan membuat kita memanfaatkan waktu secara optimal agar dapat
meraih kesuksesan hidup. Mulai sekarang marilah membuat daftar to-do list perencanaan
kegiatan dalam hidup kita. Mengerjakan sesuatu tanpa perencanaan hanya akan
membuat kita gagal dalam mengelola waktu dengan baik.
Dalam kehidupan
sehari-hari kita melakukan aktivitas rutin, masalahnya tidak semua orang
mengingat jadwal dan membuat to-do list jadwal kegiatanya. Mungkin ada
hanya 20 atau 30 dari 100 orang yang membuatnya. Membuat to-do list sangat
membantu kita untuk mengingat jadwal kegiatan dan membuat waktu kita lebih
terstruktur dengan baik.
To-do list sangat berguna untuk kita bisa mengelola
waktu yang ada dalam hidup kita. Didalam to-do list kita bisa menuliskan
empat macam target/rencana yaitu jadwal kegiatan atau rencana harian, mingguan,
bulanan dan tahunan. Hal ini akan menjadikan pekerjaan kita lebih efektif dan
mencegah kita untuk melupakan pekerjaan penting, dan membantu kita menentukan mana
pekerjaan yang harus lebih dulu dikerjakan atau prioritas.
Cara Membuat To-Do List
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan
saat membuat to-do list yaitu:
1. Tulis semua
kegiatan
Saat membuat
to-do list kita harus menulis kegiatan atau pekerjaan apa yang mau dilakukan
setiap harinya. Pastikan bahwa tugas-tugas yang kita masukkan adalah tugas yang
memang sifatnya sangat penting dan harus segera diselesaikan. Menulis to-do
list harus di malam hari, agar keesokan harinya kita siap untuk melakukan
kegiatan yang sudah di tulis. Apabila kita menulis di pagi harinya, pasti akan
membuat to-do list berantakan karena terburu-buru dan tidak rilex.
2. Jelaskan
dengan rinci
Semakin detail tugas dan kegiatan yang kita tuliskan di dalam to-do
list, maka kita semakin mudah mengerjakannya. Contoh kita menulis satu to-do
list yaitu “SKRIPSI”, lebih baik kita menulis “kerjakan skripsi minimal dua
halaman di bab 4” misal, akan jauh lebih jelas bukan?
Menulis dengan rinci di to-do list akan jauh lebih memudahkan
kita karena tugasnya jelas dan tidak membuat kita kebingungan.
3. Memperkirakan
waktu penyelesian setiap tugas
Biasakan ketika membuat to-do list kita juga membuat deadline/timeline
nya agar memudahkan kita untuk mengetahui mana yang lebih dulu harus
dikerjakan sebelum waktunya berakhir. Hal ini menurutku akan membuat kita
semakin disiplin dan tidak membuang waktunya dengan sia-sia.
4. Tulislah
dengan kalimat perintah
To-do list adalah alat untuk memerintahkan diri sendiri, jadi gunakan kalimat
perintah ketika menulikan tugas atau pekerjaan yang ditulis di to-do list. Daripada
menulis “Make up”, lebih baik tulislah “beli make up”. Dengan demikian,
otak kita akan lebih cepat memproses apa saja yang harus kita kerjakan esok
harinya.
5. Membuat skala
prioritas
Selain memasukan tugas-tugas penting kita juga harus menentukan skala prioritas,
agar kita mengetahui mana tugas yang paling
penting, penting dan tidak terlalu penting. Pastikan kita mengurutkan skala
prioritas di to-do list dengan urutan kegiatan atau tugas yang sangat
penting hingga ke tugas yang tidak terlalu penting.
Perlu diingat bahwa tugas yang sangat penting berarti tugas yang harus
dikerjakan secepatnya dan tidak bisa ditunda lagi.
6. Gunakan checklist
untuk tugas yang sudah selesai
Gunakan checklist untuk to-do list yang sudah dikerjakan
dengan baik. Penggunaan checklist akan memudahkan kita untuk melihat dan
mengingat tugas mana saja yang sudah dikerjakan atau belum dikerjakan.
7. Rutin diperbarui
Ingat ya… jangan biarkan to-do list kita kaku, isinya harus update
mengikuti kegiatan kita. Sediakan waktu luang setiap malam untuk
mengevaluasi dan setiap pagi untuk mengisi kembali. Tidak perlu waktu lama
untuk melakukan dua hal tersebut. Cukup kita sediakan waktu sekitar 5-15
menit untuk mengcek to-do list kita.
Hal ini membantu hari-hari kita lebih mudah dilalui.
Nah, itulah
cara membuat to-do list dengan baik, sehingga kegiatan kita bisa terstruktur
dengan baik. Ada beberapa manfaat yang bis akita ambil jika kita menulis to-do
list yaitu:
1. Selalu ingat
Dengan adanya to-do list kita tidak akan melupakan hal-hal yang
harus kita lakukan. Dengan mencatat semua kegiatan, kita akan selalu mengingat
segala kegiatan yang sudah kita tulis.
2. Sadar prioritas
Jika kita menulis to-do list, kita akan tau prioritas mana yang
akan kita dahulukan untuk dikerjakan.
3. Memudahkan
To-do list membuat kita lebih mudah mengatur waktu. Jika kita sudah tu apa yang kita
akan kerjakan, maka kita akan mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan
untuk menyelesaikannya. Dengan demikian, kita mempunyai estimasi waktu tentang
pekerjaan tersebut.
Mulai
sekarang, yuk membuat to-do list biar hidupmu lebih terstruktur ya…semangat.
Aku termasuk harus belajar mengelola waktu nih yuk bisa
BalasHapusHarus bisa kak. Bismillah
Hapusto do list ok sih kak, udah berjalan selama ini di aku. alhamdulillah ga keteteran lagi.
BalasHapusbener banget kak eka, aku juga lagi jalani ini dan enak gitu
Hapus